Kamis, 03 September 2009

Indahnya Berkerudung

Indahnya Berkerudung

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Wahai muslimin dan muslimah, pakaian adalah sesuatu nikmat Alloh yang wajib kita syukuri dengan jalan menggenakannya sesuai dengan aturan dan ketetapan Alloh dan Rosulnya. Apabila seorang muslimin dan muslimah tidak menggenakan pakaian sesuai dengan aturan dan ketetapan Alloh maka mereka termasuk golongan yang merugi dan telah melakukan pengingkaran terhadap nikmat Alloh.
Pakaian merupakan nikmat Alloh yang berfungsi sebagai penutup aurat, perhiasan dan pelindung tubuh dari hal – hal yang merusak.
Firman Alloh surat Al – Araaf ayat 26
Artinya : “Hai anak Adam , sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup 'auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat”.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Hakim, Rosululloh bersabda, yang artinya : “Alloh melaknat laki – laki yang memakai pakaian perempuan dan perempuan yang menggenakan pakaian laki – laki”.

hadits ini menjelaskan bagaimana kita memilih pakaian sebagaimana semestinya.

Muslimin dan muslimah sekalian,
Kali ini kami akan membahas berpakaian khusus wanita. Akhir – akhir ini banyak muslimah yang mengenakan pakaian tidak sesuai dengan ketetapan Alloh. Tidak sedikit perempuan yang menggenakan pakaian terlalu ketat sehingga lekuk tubuh mereka tampak, memakai pakaian yang tembus pandang dan bahkan yang tidak menutupi aurat. Sungguh ironis memang, dizaman yang sudah tua ini kita malah melupakan suatu kebenaran. Mungkin itu semua disebabkan karena ketidaktauan dari mereka atau tidak tersampaikannya firman Alloh dan Hadits rosul kepadanya. Dengan tulisan ini kami berharap mereka tidak lagi dalam ketidaktauan.

Dalam Firman Alloh surat Al – Ahzab 59


artinya : “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Alloh menjelaskan dalam ayat tersebut bahwa diwajibkan kepada perempuan untuk menutup seluruh tubuhnya dengan jilbab ( dengan pakaian yang layak dan bagus sesuai dengan ketentuan Alloh ) agar mereka dapat dikenal, dengan maksud dengan pakaian mereka ( wanita ) dapat dibedakan antara wanita yang berakhlakul karimah dengan wanita yang berakhakul madzmumah.

Rosululloh bersabda
Artinya : “ Dua golongan ahli neraka yang kelak aku lihat : 1. Suatu kaum yang memegang cemeti seperti seekor sapi dan dipakainya untuk memukul manusia. 2. dan kaum wanita yang berpakaian tapi telanjang ( tembus pandang, terlalu ketat dan tidak menutupi aurat ) berjalan berlenggak lenggok sambil memiringkan kepalanya seperti punuk unta. Mereka semua tidak akan masuk surga bahkan tidak akan mencium baunya, padahal bau surga itu tercium dari jarak sekian dan sekian ( HR Ahmad dan Muslim ).

Dalam firman Alloh Qs Al – Araaf 31-32

artinya : “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap mesjid , makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan . Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan ”.

artinya : “Katakanlah: "Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan rezki yang baik?" Katakanlah: "Semuanya itu bagi orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia, khusus di hari kiamat ." Demikianlah Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang mengetahui ”.

Dari ayat 31 diatas sangat jelas bahwa Alloh menganjurkan kepada umat manusia untuk berpakaian dan makan / minum dengan sepantasnya tidak kurang atau malah berlebihan ( isrof ). Dalam ayat 32 manusia khususnya wanita diperbolehkan memakai perhiasan, karena semua itu adalah rezeki yang baik dari Alloh asalkan didapatkan dengan cara yang baik pula. Namun hanya seorang yang khusus saja yang akan mendapatkan perhiasan di akhirat nanti yang salah satunya adalah wanita – wanita yang menjaga perhiasan ( aurat ) selama di dunia dan beriman kepada Alloh.





Alloh berfirman dalam surat An – Nuur 31


Artinya : “Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung”.

Baik laki – laki maupun wanita sudah diwajibkan untuk selalu menjaga pandanganya dan memelihara kemaluannya, dan dilarang menampakkan perhiasannya (terutama bagi wanita). Perhiasan disini adalah aurat, wanita sangat diwajibkan untuk menutupi auratnya baik diluar rumah ataupun di dalam rumah ( apabila ada seseorang yang bukan mahramnya di dalam rumah tersebut ) ataupun harus selalu menjaga auratnya kepada laki – laki yang bukan mahramnya, dimanapun mereka berada.

Wahai muslimah sekalian
Aurat merupakan perhiasanmu. Aurat merupakan kekayaanmu dan hartamu yang tak ternilai, aurat adalah kesucianmu dan aurat adalah rezki dari Alloh untukmu yang harus kalian jaga. Pertahankan auratmu, karena auratmu hanyalah untuk suamimu. Hanya suamimu yang berhak memilikinya bukan orang lain. Jangan menggumbar auratmu, apakah kalian ingin menjadi orang yang merugi dan orang yang ingkar dari nikmat Alloh?
Muslimin dan muslimah sekalian, Itulah yang dapat kami sampaikan tentang indahnya berkerudung, indahnya berpakaian sesuai dengan Islam. Ingat muslimah sekalian ada hikmah ketika engkau berkerudung yang pertama engkau telah bersyukur kepada Alloh atas nikmatnya kepadamu dengan itu engkau akan mencintai Alloh dan insyaAlloh, Alloh akan mencintaimu. Yang kedua, insyaAlloh engkau akan mendapatkan seorang suami yang sama menjaga auratnya. Ingat Alloh Maha Adil lagi Maha Mengetahui. Yang ketiga, akan terhindar dari godaan laki – laki yang jahilliyah dan yang terakhir insyaAlloh akan menambah kecantikan dirimu baik fisik maupun rohani.
Wallohu a’lam
InsyaAlloh tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Tanpa Alloh tulisan ini takkan pernah terwujud.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar